Bahan Baku Kaos

Bahan Baku Kapas adalah suatu serat halus yang menyelubungi biji beberapa jenis Gossypium (biasa disebut dengan "pohon"/tanaman kapas), tumbuhan 'semak' yang berasal dari daerah tropis dan subtropis. Serat kapas menjadi bahan penting dalam industri tekstil. Serat itu dapat dipintal menjadi benang dan ditenun menjadi kain. Produk tekstil dari serat kapas biasa disebut sebagai katun atau cotton (benang maupun kainnya).

Serat kapas merupakan produk yang sangat berharga karena hanya sekitar 10% dari berat kotor (bruto) produk hilang dalam pemrosesan/pengolahan. Apabila lemak, protein, malam (lilin), dan lain-lain residu disingkirkan, sisanya adalah polimer selulosa murni dan alami. Selulosa ini tersusun sedemikian rupa sehingga memberikan kapas kekuatan, daya tahan (durabilitas), dan daya serap yang unik namun disukai orang. Tekstil yang terbuat dari kapas (katun) bersifat menghangatkan di kala dingin dan menyejukkan di kala panas (menyerap keringat).


Sekarang ini kapas diproduksi di banyak negara di dunia, termasuk Eropa, Asia, Afrika, Amerika, dan Australia, menggunakan tanaman kapas yang telah dipilih jadi dapat menghasilkan lebih banyak serat atau fiber. Pada 2002, kapas ditumbuhkan di 330.000 km² ladang, 47 milyar pon kapas mentah seharga 20 milyar dolar AS ditumbuhkan pada tahun tersebut.